Main Article Content

Abstract

Data Puskesmas Latambaga jumlah pengguna BPJS pada tahun 2017 sebanyak 9.725 orang. Jumlah kunjungan pengguna BPJS pada tahun 2016 sebanyak 14.472 kunjungan, sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 13.073 kunjungan, yang berarti mengalami penurunan sebanyak 10,3% yaitu 1.399 kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan Di Puskesmas Latambaga Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan rancangan analitik menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna BPJS yang berada di wilayah kerja Puskesmas Latambaga Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka pada tahun 2018 yang berjumlah 9.725 pengguna. Sedangkan jumlah sampel sebanyak 100 orang, tehnik pengambilan sampel menggunakan
random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square. Hasil uji Chi Square menunjukkan bahwa ada hubungan bukti fisik dengan kepuasan pasien (5,626 > 3,841). Ada hubungan daya tanggap dengan kepuasan pasien (70,963 > 3,841). Tidak ada hubungan jaminan dengan kepuasan pasien (0,361 < 3.841). Ada hubungan perhatian dengan kepuasan pasien (6,349 > 3,841). Ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien (10,118 > 3,841). Diharapkan bagi petugas kesehatan lingkup Puskesmas Latambaga agar meningkatkan kualitas pada dimensi bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, perhatian, dan jaminan yang di rasa kurang baik dan mempertahankan kulitas yang sudah baik.

Keywords

Bukti fisik, Daya tanggap, Jaminan, perhatian, Kehandalan, Kepuasan pasien, Puskesmas Latambaga

Article Details

References

  1. 1. Abdul Wahab, Solihin. 2012. Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. 2. Andry Fahrozy. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit
  3. Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Abdul
  4. Wahab Sjahranie Samarinda. 1 - 5.
  5. 3. Ayubi Dian, Prastiwi Niken Ellya.2007. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulng Di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi.
  6. 42 - 46.
  7. 4. Basuki Wahyu Eko, Sulistyowati, Nunik Retno. 2016. Implementasi
  8. Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan di Kota
  9. Semarang. Diponegoro Journal Of Social and Political Of Science Tahun
  10. 2016. 1 – 7.
  11. 5. Dermawan Deden. 2012. Buku Ajar Keperawatan Komunitas. Yogyakarta:
  12. Gosyen Publishing.
  13. 6. Efendi Rustam, Arifin Alwi, Darmawansyah. 2013. Hubungan Mutu
  14. Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. 4 – 7.
  15. 7. Firdaus Firman Fidela, Dewi Arlina. 2015. Evaluasi Kualitas Pelayanan
  16. Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul. 1 – 14.
  17. 8. GDE Muninjaya, A. A. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta Pusat:
  18. ECG.
  19. 9. Kusumawati Puri. 2013. Perbedaan Kepuasan Pasien Pengguna Asuransi
  20. Perusahaan Dan Non Asuransi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Islam Surakarta. 3 – 14.
  21. 10. Maharani Waode. 2013. “Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Ruang Internasional Rumah Sakit Umum Bahtera masih Provinsi Sulawesi Tenggara”. Skripsi Sarjana. Jurusan Keperawatan. STIKES Mandala Waluya. Kendari.
  22. 11. Ningrum Septiayuf Ayu. 2015. Respon Kepuasan Pasien Pengguna BPJS
  23. Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pekanbaru. 4– 6.
  24. 12. Nursalam. 2013. Metodologi penelitian ilmu keperawatan pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika.
  25. 13. Pohan Imbalos. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: ECG.
  26. 14. Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  27. 15. Saputro Dwi Agung. 2015. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tanggungan BPJS di Rumah Sakit
  28. Bethesda Yogyakarta”. Skripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat.
  29. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
  30. 16. Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
  31. Bandung: Alfabeta.
  32. 17. Sugiyono. 2015. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  33. 18. Syafrudin, EVI Theresia, Jomima. 2009. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta. CV Trans Info Media.
  34. 19. UUD 1945 pasal 28 H ayat 1. tentang setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal, mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. 2013. Kemenkes