Main Article Content

Abstract

Upaya pengendalian lipas dapat dilakukan dengan cara sanitasi, biologis, mekanis atau kimiawi. Umumnya pengendalian dengan cara kimiawi banyak dilakukan oleh masyarakat, seperti penyemprotan atau pengasapan dan lainnya, karena dinilai lebih praktis walaupun sangat berbahaya dan berakibat buruk bagi manusia. Oleh karena itu, salah satu solusi adalah dengan penggunaan perangkap lipas dengan pemberian jenis umpan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas pengendalian lipas Amerika (P. americana) dengan jenis umpan yang berbeda yaitu umpan selai kacang, gula pasir cair, gula merah dan makanan sisa terhadap jumlah lipas yang masuk ke dalam fly trap.Jenis penelitian ini adalah Pra-Experiment dengan desain One-Shoot Case Study, untuk mengetahui suatu kelompok perlakuan dan observasi pemberian jenis-jenis umpan berbeda bagi lipas Amerika (P. americana) yang tertangkap pada fly trap.Hasil
Uji Asumsi Kolmogorov-Sminrov Test menunjukkan nilai P-value = 0.998> 0.05, artinya data berdistribusi normal. Hasil Uji Test of Homogentitas of Variances menunjukkan nilai P-value = 0,521 > 0,05, bahwa lipas Amerika (P. amenricana) yang tertangkap dengan menggunakan jenis umpan berbeda adalah bervariasi/berbeda. Uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung = 4.744 > Ftabel df.3,12 ɑ 0,05 = 3,49 taraf kepercayaan 95%, artinya H0 ditolak dan Ha diterima, bahwa pengendalian jenis lipas (P. americana) dengan menggunakan berbagai jenis umpan yang berbeda efektif terhadap jumlah lipas yang tertangkap pada fly trap.Saran bagi masyarakat adalah menjadi bahan informasi penting di dalam upaya pengendalian lipas dengan menggunakan jenis umpan berbeda.

Keywords

Pengendalian Lipas, Periplaneta americana, Jenis Umpan Berbeda, Terminal

Article Details

References

  1. 1. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 13/Menkes/PER/lll/2010 Tentang Pengendalian Vektor.
  2. 2. Anonim, 2007, Pedoman pengendalian Kecoa Khusus Rumah Sakit Tersedia
  3. 3. Sukirno, 2003. Produktivitas Dan Mortalitas Periplaneta America (Linnaeus) (Blattaria; Blattide) Di Laboratorium.
  4. 4. Cornwell PB.2001. The Cockroach Vol. 1, A Laboratory Insect and an Industrial Pest. London: Hutchinson
  5. 5. Salbiah. 2006. Preferensi Periplaneta americana (Linnaeus.) (Blattaria: Blattidae) terhadap berbagi jenis umpan [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
  6. 6. Cornwell PB. 2004. The Cockroach Vol. 1, A Laboratory Insect and an Industrial Pest. London: Hutchinson]
  7. 7. Depkes, 2012. Pedomam Pengendalian Kecoa.
  8. 8. Herma Amalia.2010. Preferensi Kecoa Amerika Periplaneta America (L.) (Blattaria: Blattide) terhadap Berbagai Kombinasi Umpan, J. Entomol, Indo
  9. 9. Adong Iskandar 2006, Pemberantasan Serangga dan Binatang Penggangu, Jakarta.
  10. 10. Himawan, T. 2003. Studi Populasi Hama pada Tanaman apel dengan Pola Tanam Monokultur dan Campuran di Jawa Timur. Ringkasan Disertasi.Program Pasca Sarjana Unibraw.Malang. hlm. 13 – 14.