Main Article Content

Abstract

Berdasarkan data dari Puskesmas Nambo pada tahun 2015 yang mengalami kecelakaan sebanyak 50 orang dengan insiden 0,83% dimana kecelakaan lalu lintas roda dua sebanyak 27 orang dengan insiden 0,45%, tahun 2016 sebanyak 140 orang dengan insiden 2,33% dimana kecelakaan lalu lintas roda dua sebanyak 95 orang dengan insiden 1,58%, dan pada tahun 2017 sebanyak 150 orang dengan insiden 2,5% dimana kecelakaan lalu lintas roda dua sebanyak 114 orang dengan insiden 1,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kasus kecelakaan lalu lintas melebihi dari target Kepolisian yaitu 0,5% dari jumlah penduduk yang memiliki kendaraan roda dua Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko kecelakaan lalu lintas kendaraan roda dua di wilayah kerja puskesmas Nambo Kota Kendari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan “Case Control Study”. Penelitian ini dilaksanakan diwilayah kerja puskesmas Nambo Kota Kendari.Populasi penelitian ini seluruh korban kecelakaan lalu lintas di wilayah kerja puskesmas Nambo tahun 2017 yang berjumlah 114 orang dengan jumlah sampel 128 orang dan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Hasil analisis bivariat menunjukan variabel pengemudi memiliki nilai OR = 2,436 (1,196-5,958), kendaraan memiliki nilai OR = 3,194 (1,548-6,590), dan lingkungan memiliki nilai OR = 5,211 (2,454-11,063). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengemudi, kendaraan, dan lingkungan merupakan faktor risiko kejadian kecelakaan lalu lintas.

Keywords

Kecelakaan lalu lintas, pengemudi, kendaraan, lingkungan

Article Details

References

  1. 1. Akhmad,D.C.R, Anita,D.P.S, dan ismi,R.H. 2015. Faktor risiko yang berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas pada pengemudi Bus P.O jember indah. (repository.unej.ac.id/bitstream/handle/.../Akhmad%20David%20Casidy%20Rifal.pdf) di akses pada tanggal 25 februari 2018
  2. 2. Amirullah 2009 studi epidemiologi kecelakaan lalu lintas di kota kendari priode tahun 2005-2007, program studi kesehatan masyarakat fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas haluoleo, kendari.
  3. 3. Annisa,H dan lucia,Y.H 2016 analisis risiko kecelakaan lalu lintas berdasarkan pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan berkendara.( https://ejournal. unair.ac.id/JBE/article/download/2152/2467) volume 4 No 2 di akses pada tanggal 27 februari 2018.
  4. 4. Asrul,S. 2014 faktor risiko kejadian kecelakaan lalu lintas pada unit gawat darurat di wilayah kerja puskesmas lepolepo, prodi kesehatan masyarakat sekolah tinggi ilmu kesehatan mandala waluya, kendari.
  5. 5. Denvi,V.Z, nani,Y dan andi,F.F 2016 faktor yang berhubungan dengan keparahan korban kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepia motor di IGD rumah sakit umum daerah kota kendari tahun 2016.(ojs.uho.ac.id/index.php/JIMKESMAS/article/view/1109) di akses pada tanggal 25 februari 2018
  6. 6. Dinkes.kota.kendari, 2017. Profil kesehatan kota kendari, kendari.
  7. 7. Dinkes.provensi.kota.kendari, 2016. Profil kesehatan kota kendari, kendari.
  8. 8. Dr.asep,S,S.H.,M.H. 2014 kecelakaan lalu lintas dan pertanggung jawaban pidana korporasi dalam perspektif hukum pidana Indonesia, P.T. ALUMNI. Bandung.
  9. 9. DR.M.N Bustan. 2000 epidemiologi penyakit tidak menular, rineka cipta. Jakarta.
  10. 10. Mohammad,E.P, Woodford,B.S.J, dan billy,J.K 2014. Faktor faktor risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sepeda motor pada pasien di blu RSUP prof. Dr. R. D. kandou kota manado tahun 2014 (http://fkm.unsrat.ac.id/wpcontent/ouloads/2015/02/jurnal-fixeffendi.pdf ) di akses pada tanggal 25 februari 2018
  11. 11. Paulus,G.G.S dan yusandy,A.S.M 2012 analisis kecelakaan lalu lintas di kota pematang siantar.(https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/view/5676) di akses pada tanggal 27 februari 2018.
  12. 12. Prof.Dr.soekidjo,N. 2011 kesehatan masyarakat, rineka cipta. Jakarta
  13. 13. Puskesmas nambo,2017. Profil puskesmas nambo kota kendari
  14. 14. Rahardjo,A. 2011. Manajemen transportasi darat,Graha ilmu. Yogyakarta.
  15. 15. STIKES MW Kendari. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi. Kendari.
  16. 16. Yaya,S 2012. Kecelakaan lalu lintas. (kaharspombob.blogspot.co.id/2012/01/kecelakaan lalu lintas.html)