Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Strategi yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pelayanan adalah melalui implementasi Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peranan Good Coorporate Governance dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Oheo Kelurahan Linomoiyo Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara Tahun 2019. Objek pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang berkunjung di Puskesmas Oheo. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 56 orang. Metode analisis menggunakan uji Statistik yakni uji chi square dan uji Phi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan sedang antara fairness (kewajaran) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 17,352, dengan nilai φ = 0.557), ada hubungan lemah antara disclosure dan transparency (transparansi) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 7,289, dengan nilai φ = 0.361), ada hubungan sedang antara accountability (akuntabilitas) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 13,763, dengan nilai φ = 0.496) dan ada hubungan lemah antara responsibility (responsibilitas) dengan kepuasan pasien rawat jalan (X2 hitung = 6,310, dengan nilai φ = 0.336). Saran sebaiknya perlu adanya peningkatan terhadap penerapan prinsip – prinsip GCG.

Keywords

Kewajaran transparansi akuntabilitas responsibilitas kepuasan pasien

Article Details

How to Cite
Satri Waslyanti, Yusuf Useng and Sartini Risky (2019) “HUBUNGAN PERANAN GOOD COORPORATE GOVERNANCE DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS OHEO KELURAHAN INOMOIYO KECAMATAN OHEO KABUPATEN KONAWE UTARA”, MIRACLE JOURNAL OF PUBLIC HEALTH, 2(2), pp. 220-230. Available at: https://mjph.stikes-mw.ac.id/index.php/mjph/article/view/108 (Accessed: 31March2020).

References

  1. 1. Acang, Armana. Pengaruh Kinerja Satuan Pengawasan Internal Terhadap Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal dan Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (Suatu Study Pada Organisasi Rumah Sakit).Universitas Pasundan, 2015.
  2. 2. Akhtan, dkk. Patients Satisfaction Evaluating Nursing Care for Patients Hospitalized With Cancer in Tehran Teaching Hospitals, Iran. Journal of Quality Management in Health Care.2010; 12(3):187-191.
  3. 3. Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta;2014.
  4. 4. Asmuji. Manajemen Keperawatan. Yogjakarta;2013.
  5. 5. Christian, Chandra N. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance di Rumah Sakit.Jakarta;2016.
  6. 6. Puskesmas Oheo. Data Kunjungan Rawat Jalan. Konawe Utara;2019.
  7. 7. Hermanto. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. SoemarnoSosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Semarang. Universitas Diponegoro; 2010.
  8. 8. Nani, Rohaeni. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance dan Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Universitas Binabangsa;2013.
  9. 9. Like J. Mumu. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Universitas Samratulangi; 2015.
  10. 10. Agung, Utama. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. Journal Indonesia Medical Association. 2003;1(2); 96–110.